Panduan Pelaksanaan Seleksi Penulisan Makalah/ Karya Tulis

Berikut adalah panduan pelaksanaan yang perlu diikuti dan diperhatikan oleh peserta seleksi dalam mengikuti Seleksi Penulisan Makalah/Karya Tulis

A. PERSIAPAN
1. Peserta seleksi wajib mempersiapkan laptop atau PC yang memiliki kamera/webcam dan telah ter-install aplikasi Zoom Meeting dan browser internet.
2. Peserta seleksi wajib mempersiapkan koneksi internet yang stabil dan kuota internet yang mencukupi.
3. Peserta seleksi wajib berpakaian rapi dan sopan.
4. Peserta seleksi wajib mempersiapkan asli KTP atau asli kartu identitas lainnya untuk ditunjukkan pada saat diverifikasi oleh pengawas.
5. Peserta seleksi wajib mempersiapkan ruangan minim kebisingan/noise dengan pencahayaan yang cukup (tidak backlight).
6. Tautan aplikasi Zoom Meeting akan disampaikan pada masing-masing peserta melalui email peserta (yang dikirim pada saat pendaftaran) 60 menit sebelum seleksi dimulai.

B. PELAKSANAAN
1. Peserta seleksi wajib melakukan koneksi atau masuk ke dalam aplikasi Zoom Meeting pada pukul 08:00 WIB untuk mengikuti pengarahan Panitia Seleksi.
2. Pada saat memasuki Zoom Meeting Room, peserta seleksi wajib menuliskan nama pada profil dengan format “Nomor Urut Peserta_Nama Lengkap” (contoh: 001_Joko Anwar).
3. Pada saat video conference seleksi berlangsung, seluruh peserta wajib mengaktifkan video camera dan menonaktifkan suara (mute).
4. Peserta seleksi dapat mengajukan pertanyaan seputar Seleksi Penulisan Makalah/Karya Tulis melalui chat pada aplikasi Zoom Meeting.
5. Penulisan makalah/karya tulis dilakukan melalui aplikasi Google Form dan tautannya akan disampaikan kepada seluruh peserta seleksi melalui email dan melalui fitur chat Zoom Meeting 15 menit sebelum seleksi dimulai.
6. Peserta diminta untuk mempelajari aplikasi yang akan digunakan dalam pelaksanaan penulisan makalah.
7. Selama proses Seleksi Penulisan Makalah/Karya Tulis, peserta seleksi:
a. Dilarang menggunakan fitur virtual background.
b. Dilarang menggunakan fitur Share Screen, dan fitur chat hanya diperbolehkan digunakan kepada host.
c. Dilarang merekam aktivitas yang ada di layar atau recording screen.
d. Dilarang mengambil gambar yang muncul di layar atau capture screen.
e. Dilarang meninggalkan room tanpa izin selama kegiatan berlangsung.
f. Dilarang membuka buku dan atau catatan atau mendownload data dari internet selama seleksi berlangsung.
8. Keputusan panitia seleksi tidak dapat diganggu gugat.


Demikian panduan pelaksanaan Seleksi Penulisan Makalah/Karya tulis untuk peserta Seleksi Calon Anggota Dewan Pengawas LPP RRI 2021-2026 untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya

Jakarta, 6 November 2020

Panitia Seleksi